Uruguay resmi RAJA COPA dan menyandang status tim paling sukses

Advertisemen
Uruguay resmi menyandang status tim paling sukses di pentas Copa America.
Mereka merebut gelar terbanyak (ke-15) setelah mengalahkan Paraguay 3-0 di Estadio
Monumental, Buenos Aires, Argentina, kemarin dini hari. Pencapaian Uruguay mengungguli rekor
Argentina yang mengemas 14 gelar.

''Kami memiliki 15 gelar Copa America sekarang ini, sesuatu yang sangat kami banggakan. Saya dedikasikan keberhasikan ini kepada mereka yang merebut 14 gelar sebelumnya. Tanpa mereka, kami tidak akan ada di sini sekarang,'' kata Oscar Washington Tabarez, pelatih Uruguay, sebagaimana dikutip Goal.

Gelar Copa America 2011 adalah lanjutan dari kisah sukses Uruguay. Tahun lalu Diego Lugano
tampil gemilang pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan (Afsel) dengan menembus semifinal.
Sebanyak 20 orang di antara 23 penggawa Uruguay sekarang adalah alumni Piala Dunia 2010.

Sukses Uruguay terbilang mengejutkan. Sebab, favorit utama adalah tuan rumah Argentina dan
juara bertahan Brazil. Tapi, dua tim ungggulan itu sama-sama tersingkir di babak perempat final. Uruguay-lah yang mendepak Tango -julukan Argentina- lewat adu penalti.

Duet tukang gedor Luis Suarez dan Diego Forlan menjadi penentu kemenangan Uruguay di partai puncak. Suarez sudah membawa Uruguay unggul dengan golnya pada menit ke-11. Setelah itu, giliran Forlan menggandakan keunggulan pada menit ke-41 dan 89'.

''Kami memulainya dengan sangat baik. Dua gol yang kami ciptakan pada babak pertama membuat lawan kesulitan. Mereka berupaya bangkit, tapi terlalu sulit dan pada akhirnya kami justru menambah gol,'' ungkap Suarez sebagaimana dikutip AP.

Di sisi lain, sukses Paraguay ke final sesungguhnya layak diapresiasi. Terlebih, mereka berhasil melewati hadangan Brazil di perempat final. Perjuangan Paraguay lolos ke partai puncak sungguh berliku. Mereka harus melewati babak adu penalti di perempat final dan semifinal. Paraguay juga kehilangan pelatih Gerardo Martino yang harus menjalani skors.

''Ini sangat adil. Uruguay pantas menjadi juara. Mereka punya tim yang sangat solid dan penyerang yang luar biasa. Mereka (Suarez-Forlan) adalah dua singa. Mereka striker terbaik di dunia,'' ujar Justo Villar, kiper Paraguay.

Pandangan senada juga diungkapkan Martino. Menurut dia, Uruguay sangat beruntung memiliki lini depan yang sangat dahsyat. Selain Suarez-Forlan, Uruguay memiliki Edinson Cavani yang kemarin turun sebagai pemain pengganti.

''Semua gol yang tercipta melalu pergerakan yang hebat. Itu bukti bahwa mereka memiliki striker yang luar biasa dan bisa mengubah keadaan. Mereka menjadi keuntungan terbesar yang dimiliki Uruguay,'' kata Martino.

Sumber: Jawa Pos
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 any info - All Rights Reserved - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger