2011/11/27

Ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara DPR Meminta investigasi Secepatnya






DPR mendesak pemerintah segera melakukan investigasi atas ambruknya jembatan Kutai Kartanegara (Kukar). Ambruknya jembatan yang baru mulai dipergunakan tahun 2001 ini dinilai janggal.

"Perlu ada investigasi atas kasus ini. Saya curiga karena 10 tahun lalu, pemberantasan korupsi belum seperti sekarang," ujar Wakil Ketua DPR Pramono Anung kepada detikcom, Sabtu (26/11/2011).

Foto Republika.co.id
Pram menduga ada sesuatu yang tidak beres dalam kontruksi jembatan tersebut. Hal ini didasarkan umur jembatan Kukar itu baru 10 tahun sejak dioperasionalkan tahun 2001 silam.

"Saya khawatir materi yang gunakan bukan kualitas yang terbaik. Jembatan itukan umurnya baru 10 tahun, itu umur pendek bagi sebuah jembatan besar," terang politisi senior PDIP ini.

Pramono mengusulkan agar tim investigasi berasal dari kepolisian dan juga tim teknis yang mengerti soal bangunan. Dengan demikian penyebab ambruknya jembatan Golden Gate Kalimantan Timur itu bisa segera diketahui.

"Harus dibentuk tim dari semua, stake holder seperti dari Kementerian PU dan kepolisian. Kalau perlu panggil semua pihak termasuk kontraktor pembangunan jembatan," imbuhnya.

Jembatan Kutai Kertanegara membentang antara Tenggarong dan Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur. Jembatan tersebut merupakan salah satu penghubung penting jalur lintas darat Samarinda dengan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001. Tapi pada Sabtu (26/11) kemarin, pukul 16.20 WITA jembatan ini tiba-tiba ambruk dan hingga kini belum diketahui penyebabnya.
 (www.detiknews.com)

Ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara DPR Meminta investigasi Secepatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Supri Yadi

0 Komentar:

Masukkan email anda untuk
berlangganan

Delivered by

FeedBurner
Diberdayakan oleh Blogger.